November 27, 2008

My First Product Exhibition

Ngga kerasa semester ganjil udah hampir selesai. Hmm.. well, bo'ong ding... aslinya KERASA banget!! hehe :P Dari jaman Mojopahit sampe jaman Quantum of Solace, tanda-tanda hampir berakhirnya sebuah semester perkuliahan adalah deadline project dimana-mana. Beeeh.. kayaknya nyaris nggak ada mata kuliah yg nggak ngasih project. Apalagi kalo kuliah IT.
Project == (means) mantengin layar laptop (dulu mah monitor PC) bermalam-malam demi untuk bermesraan dengan baris-baris coding program.
Been There Done That, guys.. so don't complain bout it hehe :D

Yah, sayangnya tidak ada pengecualian pada mata kuliah yg aku ampu (
= asuh, aku jg baru tau artinya baru2 ini kok). Semester ini aku ngajar 2 mata kuliah, Algorithm & Programming (Alpro) dan Data Structure (DS). Hehe.. serem ngga tuh namanya :P Dua-duanya ada project. Sebenernya ngga bermaksud untuk latah, ikutan kasih project, bahkan benernya aku rada kasihan terutama buat yg pengikut DS karena project mereka banyak bgt, tapi mau gimana lg. Selain karena terlanjur tertulis di GBRP, project jg salah satu cara pengaplikasian keseluruhan materi. Lagipula, biasanya nilai project tuh membantu banget bagi mahasiswa.

FYI, Alpro adalah mata kuliah di
semester pertama mahasiswa2 IFT-UC. Di sini mereka belajar algoritma, memecahkan masalah secara step-by-step. Ini nggak cuma berguna untuk membuat software, tapi jg sangat bagus untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Jadi, belajar berpikir secara terstruktur. Selain diajari algoritma, mahasiswa2 ini juga belajar memrogram. Bahasa yg digunakan bahasa C. Bagi mereka, mostly, ini adalah kali pertama mereka memrogram. Di minggu terakhir, mereka berkelompok 2 orang mendapat project untuk membuat sebuah produk software sederhana yg benang merahnya adalah Daily-Problem Solver. Penilaian project tidak hanya dari selesai/tidaknya program itu, tapi juga kemampuan mereka menjual produk mereka. After all, kalo mau jd Technopreneur, jelas harus bisa jualan donk. That's why, digelarlah ...

Pameran yg bertempat di koridor lt 6 Gedung UC ini sifatnya tertutup alias untuk kalangan UC saja. Sifatnya simulasi semi-lelang (mbulet yah.. hihihi). Jadi gini, masing2 tim 'menggelar' produk mereka di 'stand'2 yg udah disediain. Lalu para pengunjung mendatangi stand2 itu. Kalo tertarik, pengunjung boleh 'hit' dengan nilai yg lebih tinggi dari nilai yg udah ada.

Actually, aku rada worried pameran ini bakalan 'sepi'. Apalagi ternyata harus diakui.. anak IT tuh kurang nyeni (padahal dosennya nggak lhoooooo... ) Masak udah aku encourage untuk menghias stand mereka semenarik mungkin.. eh, tetep aja tuh kopong melompong X( sedih, deh. Untunglah paginya aku sempet bergerilya, ngajakin staff & dosen untuk dateng sambil bagiin 'sogokan' berupa pembatas buku hehehe.
Rupanya 'sogokan'ku lumayan berhasil jg tuh. Yang dateng ke pameran banyak banget. Dan meski tampilan stand2-nya tidak menarik, tapi rupanya produk2 my beloved students (ciiee... kalo gini aja bilang 'beloved' :P) lumayan menarik perhatian pengunjung. Terbukti, meski sudah aku wanti2 sampe mulut berbusa (ayanan, mbaaak ??) bahwa nilai maksimal adalah 100, banyak pengunjung yg memberi nilai lebih. Bahkan ada yg kasih 210!! Ampyun deh.. aku sampe kewalahan :D Tapi memang produk-produk yg ditawarin cukup fungsional dan assik, meski sangat sederhana.

Bingung mengkonversi ukuran? Global Converter solusinya. Aplikasi ini bisa mengkonversi ukuran-ukuran seperti metrics (meter --> yard), berat (kg --> pound), di dapur (cup --> liter), dan masih banyak lagi.


Tiga tim ngebuat aplikasi yg berhubungan dengan pelajaran: Math, Physic dan English Grammar. Aplikasi Math (atas) dan Physic ngebantu user dengan cara memberikan rumus-rumus yg berhubungan dengan math ato physic.

English Grammar bakal ngebantu user mengerti tentang grammar, plus nyariin bentuk ke-2 dan ke-3 sebuah verb.

Dua cewek manis ini ngebuat Aplikasi Penghitung Pajak Penghasilan. Sementara Pak Freddy sedang nyobain Aplikasi Penghitung PBB (bawah)

Mau tau estimasi pemakaian listrik?

Atau berapa harus bayar cicilan kartu kredit ?

Ada 2 tim yg ngebuat program untuk diet. Yang satu gunanya untuk ngitung berapa kalori yg dikeluarkan seseorang ketika melaksanakan sejumlah aktivitas.

Satunya lagi berfungsi untuk nentuin porsi makan seseorang dalam jumlah kalori tertentu. Liat tuh, yg tertarik pada chubby2 semua :D
Hmm.. sepertinya aku bakal minta file .exe dari 2 produk ini deh hehehe :D

Ini dia si dukun eletronik :D Dengan ngasih tau hari dan weton (hari pasaran) kita bisa tau sifat2, warna & angka keberuntungan kita. Selain itu dia juga bisa ngeramalin apa kita jodoh sama pasangan kita. Assik nggak tuuh..


Kalo anak lg sakit, nggak perlu buru2 dibawa ke dokter. Kita bisa lihat dulu dengan bantuan aplikasi Doctor at Home for Babbies (atas) dan Doctor at Home for Children (bawah). Kalo ternyata bisa di-handle sendiri, kan lumayan hemat pengeluaran :D
Demikian juga buat para cewek. Kalo ada masalah kewanitaan, bisa di-cek dulu pakai Electronic Doctor Woman Edition ini. Btw, nggak tau apa karena produknya emang yahud, atau karena pengunjungnya kebanyakan cewek, ato juga karena yg jaga, ato mungkin karena semua itu... stand ini yg dapet poin tertinggi, which is 210.

Begitulah ... pameran yg cuma berlangsung 1 jam itu cukup memuaskan, walau memang masih jauh dari sempurna. Tapi aku berharap pameran ini ngebuka pikiran mahasiswa2 baru itu bahwa starting jadi pengusaha di IT itu mudah, dalam arti nggak perlu modal gedhe. Nggak perlu kantor, nggak perlu gudang, nggak perlu stock barang. Cukup laptop sama otak. Seperti kata Om Hermawan Kertajaya (bener nggak ya Om HK yg ngomong ?? CMIIW deh) : Creating Money Without Money :D

2 komentar:

  1. Kok ga terdengar gaungnya ya di UC ? :( aku kan ya pengen liat..

    BalasHapus
  2. terdengar, yaaa... cuma pas itu kmu lg ke jkt :P

    BalasHapus