Januari 27, 2010

Jadulism di Pusat Metropolis

Beberapa minggu lalu aku perlu njilidin buku pake kawat spiral. So, setelah kerja aku mampir ke Xerox Super Besar yg ada di Basuki Rachmat. Baru kali ini aku ke sana. Pas masuk, aku sempat sedikit kaget. Gimana nggak. Tempat fotokopi ini tuh letaknya di pusat, sepusat-pusatnya kota Surabaya. Dikelilingi dengan gedung2 perkantoran yg modern dan meng"grawuk" langit.

Aku pikir, at least, dia bakal se-modern foto kopi superbesar yg ada di deket rumah, yg namanya pake namaku :P Ternyata, tempat fotokopian itu ga semodern yg aku bayangkan. Aura jadulisme itu sudah kerasa begitu aku menjejakkan kaki di keset WELCOME-nya. Ada hawa2 oldies yg kalo terpaksa aku deskripsikan mungkin antara bau debu dan kertas kuning yg dibalut rasa adem (nggak tau lagi kalo ademnya gara2 pas itu ujan hehehe). Satu hal yg bikin kejadulan itu terasa kental adalah karena di depan display kaca, berdiri sebuah rak tiang besi yg penuh dengan .. RUGOS (letraset).

Mungkin adek2 yg lahir di atas tahun 90 nggak bakalan kenal yg namanya rugos. Rugos itu beken banget pas era 80-an. Itu stationary yg dipake untuk membuat tulisan hias. Jaman dulu kan kalo mau ngetik masih pake mesin tik tuh, jadi hurufnya ya standar gitu2 aja. Nah kalo kita mau bikin tulisan yg hurufnya lebih gedhe dari ukuran tulisan mesin tik, ato yg stylenya beda, kita mesti pake rugos.

Cara pakenya mirip kayak kalo mau tempelin stiker. Jadi, lembaran rugos itu dibuka trus ditaruh di atas permukaan yg mau kita tulisi. Setelah itu huruf yg mau ditempelin digosok2 pake pensil atau benda yg ujugnya runcing tapi nggak tajam. Nggosoknya harus rata dan menyeluruh. Kalo nggak, bakal ada bagian yg luput dan putus. Semakin kecil ukuran tulisan, semakin rumit pake rugos. Apalagi kao tulisannya yg tipis2 macam
Freehand gitu.. wiih, tantangan tersendiri!! :D

BTW, rugos ini asli made in Indo lho. Kalo yg import namanya letraset, tapi muahaaal. Jadi orang2 bikin sendiri. Macemnya rugos ada ribuan kali ya.. aku dulu suka banget koleksi rugos. Kalo liat rugos di toko buku gitu mataku bisa berbinar-binar. Berharap punya banyak uang biar bisa beli semua rugos2 itu. Nggak cuma tulisan yg dibuat rugos, ada juga gambar2 bunga, ato mobil, ato sepeda, macem2 deh.

Sejak OS Windows berjaya, maka semua aplikasi komputer lebih visual. Semua jadi berlomba-lomba untuk mengkomputerisasi segala hal. Si Rugos semakin lama semakin ditinggalin. Ya iyalah, sekarang udah ada ratusan tipe font, tinggal instal dan pake. Besar kecilnya juga tinggal dipilih di combo box. Pengen tulisan model apaaaa aja, pasti ada. kalo pun nggak ada, bisa buat. Tidak perlu lagi tangan keringatan, mata nyaris bitor, ato frustasi akibat menggosok2 huruf rugos hanya untuk mendapatkan font yg kita inginkan. Bener2 ya, teknologi itu memberi kemudahan banget :)

Selain rugos itu, ada beberapa hal yg aku temui selama aku nungguin jilidan (nyaris 45 menit). Seperti 6 mesin foto kopi yg meski warnanya sudah mulai menguning tapi keliatan jelas kalo dirawat baik. Kalo di tempat FC yg deket rumah, kayaknya mesin2 itu udah dilungsur, digantikan oleh mesin2 digital printing. Well, benernya di sana juga terselip satu mesin digintal printing yg sepertinya baru aja dateng, karena pemiliknya pas itu lagi sibuk utik2 sambil baca manual guidenya.

Pelayanannya, hmm... memang lebih lambat. Mungkin karena semua masih serba old-way ya. aku cuma nebak2 sih, soalnya ngerjainnya di belakang sih. Biar lambat, tapi pelayanan mereka jauh lebih ramah daripada tempat FC langgananku. Pelayan2nya nggak berseragam seperti tempat FC-ku (aku bilang gini aja ya, biar lebih pendek), lebih tua2 juga. Cara mereka ngelayani.. khas toko2 lama, friendly. Ngajak ngobrol, murah senyum yang (terlihat) tulus. Bahkan mereka mengenal beberapa nama pelanggan yg sepertinya sering ke sana. Tau butuhnya apa. Beda banget sama tempat FC-ku. Setiap kali aku dateng ke sana, namaku selalu dicatet, tapi kayaknya mereka nggak pernah inget namaku. Jadi bertanya2, benernya nyatet nama itu buat apa ya?

Suasananya tenang, kostumer datang satu-satu. Nggak berebutan ato sampe pake nomor kayak di tempat FCku. Jujur, aku heran juga, kok bisa ya tempat foto kopian jadul ini survive di tengah2 kota metropolis? Kok nggak gulung tikar gitu? Ato itu karena aku datang pas sore2, kantor2 pada tutup. Mungkin kalo sian rame banget kali ya... Trus juga, kok pemiliknya nggak mau upgrade total ya? alat2nya baru semua, serba digital gitu. Setelah aku analisa dari 4 pengunjung yg datang selama aku nunggu (yg semuanya dikenal namanya) ternyata kebutuhan mereka ya nggak aneh2. Foto copy, cetak blue print, beli map, sama foto copy KTP. Bahkan ada yg akhirnya beli rugos (aku lupa yg mana). Jadi mungkin kejadulan toko itu masih fit and proper sama kebutuhan usaha2 di sekitarnya itu.

Setelah selesai, aku balik lewat jalan Pregolan Bunder. Di sana aku nyalip orang jualan roti Tjwan Bo keliling pake sepeda. Bo.. di daerah rumahku udah nggak tuh Tjwan Bo keliling! Ternyata pusat kota Surabaya yg metropolis ini masih kental akan kejadulan ya :D

image source : http://kedailapanpuluhan.blogspot.com/2009/08/rugos-letraset.html

4 komentar:

  1. wah... sek ada ternyata tuh barang yo... wes lama soro ga pake rugos... :D

    BalasHapus
  2. loh mbak, sebelahnya kan ada Xerox digital printing yang warnanya orange itu, kenapa nggak disana ?

    hahaha, iyah, aku tau rugos, aku lahir tahun 80an kok walaupun hidup di tahun 90an xD

    BalasHapus
  3. @Sony : iya, aku ya surprise kok kemarin liat di sana ada rugos :P

    @Fenty: Haaa.. ada ya?? ga keliatan aku.. tp gpp deh, dapet pengalaman unik juga :D

    BalasHapus
  4. sory gan ni mau nanya alamat percetakan rugos tempatnya dimana

    BalasHapus